FAQ Jimmy Jib

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN TENTANG VIDEO JIB CRANE / JIMMY JIB

T: Apakah yang dimaksud dengan Video Crane, Jimmy Jib, Boom, Jib Crane, Porta Jib, Camera Crane?
J: Memang ada beda penamaan Video Crane System ( VCS ) sesuai dengan kebiasaan pemakai, tetapi maksudnya adalah peralatan support yang dipakai untuk menggerakkan kamera video dan dikendalikan secara jarak jauh menggunakan remote control / joystick. Dengan peralatan ini kameraman / operator dapat membuat komposisi video yang lebih luwes, lebih banyak variasi, dan lebih stabil.

T: Ada berapa macam model / merek video crane di pasaran? Apa faktor penentu harga?
J: Ada puluhan merek dan ratusan model, tetapi pada dasarnya harga video crane ditentukan oleh:
1. Material dan berat total dari video crane : RINGAN lebih mahal
2. Jangkauan lengan / arm radius / lens height : PANJANG lebih mahal
3. Kapasitas kamera : BESAR lebih mahal
4. Kemudahan instalasi / bongkar pasang
5. Kemudahan perawatan / maintenance
6. Kemudahan pengoperasian oleh operator
7. Biaya pengoperasian dan perawatan

T: Ada berapa macam model motion control di pasaran? Apa faktor penentu harga?
J: Sama dengan video crane, ada puluhan merek dan model, pada dasarnya harga ditentukan oleh:
1. Jumlah control axis : Pan / Tilt / Roll (Lihat halaman Digital Remote Head)
2. Kestabilan gerakan : gerakan harus halus, bebas hentakan dan stabil
3. Kemudahan perawatan / maintenance
4. Kemudahan pengoperasian oleh operator, harus ada Independent Axis Control
5. Digital System VS Analog System

T: Apa beda Control Analog dan Digital?
J: Yang PERTAMA adalah ukuran dan beratnya, bandingkan dengan Digital Joystick berukuran sebesar kalkulator / PDA dan memiliki fungsi dan fitur sama dengan konsumsi listrik yang jauh lebih kecil. (Untuk Detail Kunjungi Halaman Digital Remote Head)
KEDUA, dengan Digital Control operator bisa mengoperasikan Pan, Tilt dan roll sekaligus hanya dengan 1 tangan, tangan yang lain bisa mengoperasikan zoom controller, akibatnya bisa membuat gerakan yang lebih dinamis dan variatif.
KETIGA, Digital joystick bebas dari "DRIFTING" (suatu keadaan dimana joystick tidak kembali tepat ditengah karena usia pemakaian / pada saat voltase turun dibawah batas kerja normal, akibatnya remote head BERJALAN SENDIRI ) oleh sebab itu digital control tidak memerlukan kalibrasi ulang center. Ciri daripada analog controller yang bisa drifting biasanya ada potensio pengatur "Center".

T: Saya ingin membeli video crane, apa yang saya perhatikan supaya tidak salah beli?
J: PERTAMA, sesuaikan kebutuhan Anda dengan budget pendanaan. Penting untuk diingat bahwa harga mahal bukan jaminan kualitas, apalagi bila anda membeli harga yang murah, karena Anda akan membeli produk dengan yang bersifat jangka panjang. Pelajarilahlah dulu jenis peralatan apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baru tentukan model dan merek nya.
KEDUA, mintalah informasi yang seLENGKAP-LENGKAPnya dan selalu COBA SENDIRI peralatan yang akan dibeli dalam keadaan terpasang lengkap dengan kamera, jangan hanya mengandalkan BACA BROSUR atau INTERNET. Banyak produk video crane yang tidak sesuai antara janji brosur dan performance kerjanya, walaupun harganya cukup mahal, APALAGI YANG HARGANYA MURAH. Ingat pepatah "SESAL KEMUDIAN TIDAK BERGUNA".
KETIGA, belilah Produk yang telah melewati Proses Fabrikasi yang professional dengan standar internasional, kualitas dan keamanan adalah yang terutama, bukan sekedar produk yang di design dan dibuat secara manual bahkan asal-asal’an (lihat Video Produksi Eagle di halaman Gallery).
KEEMPAT, menggunakan Material Kualitas Tinggi dengan jenis yang sangat ringan, tipis (2mm), stabil namun memiliki kekuatan yang kokoh dan terlihat lebih elegan serta solid, BUKAN material yang tebal dan berat sehingga perlu dibolong-bolongi.
KELIMA, semua spare part utama harus full metal karena akan mempengaruhi umur investasi peralatan Anda. AWAS!!! Banyak produk murahan yang memakai komponen dari plastik, tidak akan awet, terutama pada bagian gear / gigi.
KEENAM, video crane yang benar-benar mudah dioperasikan atau User Friendly sehingga menghasilkan Gambar yang maksimal, bukan sekedar bahasa dan janji marketing, lihat Video Demo di halaman Gallery.
KETUJUH, belilah pada perusahaan yang professional, resmi dan legal, supaya dapat menjamin after sales service dan ketersediaan support di kemudian hari, janganlah pada perusahaan yang tidak jelas keberadaannya, yang hari ini buka dan besok sudah tutup.

T: Spesifikasi apa yang cocok untuk kebanyakan production house / event videografer?
J: Berdasarkan pengalaman banyak videografer, spesifikasi di bawah ini penting untuk di miliki:
1. Panjang video crane harus dapat di sesuaikan kebutuhan, bisa disetel antara 3 m - 7,5 m. Dengan ini Anda bisa melakukan crane shoot untuk banyak lokasi, mulai dari lokasi dalam ruangan, misalnya shooting company profil sampai acara luar seperti live musik. Selain itu harus stabil dan tahan angin 6 km/jam, sehingga gambar yang dihasilkan tidak goyang.
2. Bobot total video crane lengkap dengan tripod dan remote head harus ringan ( kurang dari 40 kg ) dan harus bisa di set up oleh SATU ORANG OPERATOR saja. Jika bobot video crane melebihi batas itu, maka dipastikan beban barbel yang harus dibawa juga lebih berat. Semakin berat video crane pada waktu beroperasi, semakin cepat pula operator kelelahan.
Operator yang lelah tidak mungkin bisa menghasilkan gambar yang bagus karena operator membutuhkan tenaga dan stamina untuk berkonsentrasi selama bekerja. Selain itu apabila dimensi video crane terlalu besar, diperlukan tenaga angkut dan kendaraan tersendiri. Tentunya ini akan menambah biaya operasional Anda.
3. Video crane dan Remote Head harus user friendly, simpel dan mudah digunakan oleh operator, bahkan oleh kameraman yang jarang mengoperasikan crane, karena pada saat operator crane berhalangan, kameraman lain harus bisa menggantikan posisinya.
Fitur-fitur seperti Independen Speed Limit, Ramp, Direction Reverse dan Variable Speed Joystick harus ada karena fitur tersebut sangat membantu operator. Selain itu pastikan terdapat fungsi Overload, Over Heat dan Short Circuit Protection, karena kadang bisa terjadi hubungan singkat (korsleting) dalam kabel kontrol dan bisa menyebabkan Control Joystick terbakar. Dengan adanya fungsi pengaman diatas, cukup matikan peralatan, ganti kabel, dan peralatan segera bisa digunakan kembali.
(lihat halaman Digital Remote Head dan Video Demo EAGLE Joystick)
4. Material tahan cuaca, untuk mengantisipasi kondisi lapangan yang kadang bisa menyebabkan korosi pada video crane, material video crane harus terbuat dari bahan carbon, titanium, magnesium, aluminium alloy atau stainless steel.

T: Saya ingin meng upgrade control box analog dengan digital, bisakah?
J: Bisa, bila Anda memiliki analog control box dan ingin upgrade ke Digital Controller X9 silahkan hubungi kami, remote head Eagle kompatibel dengan semua remote head 12 V / 24 V. Hanya diperlukan modifikasi kabel control, remote head bisa langsung dipakai tanpa perlu modifikasi. Selain efisiensi ukuran yang lebih kecil dan bobot yang jauh lebih ringan, Anda tidak dibebani keharusan membawa genset untuk shooting karena digital control bisa bekerja dengan aki / batere kering untuk waktu yang lama.

T: Saya ada pertanyaan lain yang belum ada disini, bagaimana?
J Silahkan hubungi Matahari Jib Indonesia per via telfon (08179300013) atau email (mataharijib@yahoo.com) detail ada di halaman Contact Us. Kami akan berusaha membantu Anda.

Back to Eagle Video Crane Page